Pelajar SDUT Bumi Kartini Jepara Belajar Membatik: Lestarikan Budaya dan Asah Kreativitas melalui P5

Ditulis oleh admin, dipublikasi pada 16 October 2024 dalam kategori Ruang Kegiatan

Jepara, 15 Oktober 2024 — Dalam rangka mendorong terwujudnya Profil Pelajar Pancasila melalui Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar Unggulan Terpadu (SDUT) Bumi Kartini Jepara melaksanakan kegiatan membatik sebagai bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan yang bertempat di Aula SDUT Bumi Kartini ini diikuti oleh 133 siswa kelas 6, didampingi oleh narasumber dari LPK Catha Cara, yakni Titik Susanti dan Suliswati.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2024-10-16-at-13.32.39-2-scaled.jpeg

Novia Aristyana, S.Si., S.Pd., Koordinator P5 untuk kelas 6, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa, mengasah kreativitas, serta melatih kecerdasan motorik dan kesabaran siswa. “Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang perlu dikenalkan sejak dini. Melalui kegiatan ini, siswa belajar membuat pola, mewarnai batik, dan mengembangkan kreativitas mereka,” kata Novia.

Edi Susilo, S.Pd.I., Kepala Sekolah SDUT Bumi Kartini Jepara, menambahkan bahwa tema kearifan lokal dalam P5 ini diangkat untuk mendekatkan siswa pada kekayaan budaya Indonesia, khususnya batik. “Kami ingin anak-anak tidak hanya mengenal, tetapi juga ikut melestarikan batik sebagai bagian dari karakteristik bangsa Indonesia,” ujarnya.

Para siswa tidak hanya mendapatkan teori membatik, tetapi juga langsung mempraktikkannya. Hasil karya mereka rencananya akan dipamerkan dalam acara Panen Karya P5 sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha dan kreativitas siswa. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna sekaligus memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

SDUT Bumi Kartini Jepara terus berkomitmen mengembangkan program-program yang mendukung terciptanya generasi unggul dan berkarakter Pancasila, salah satunya melalui kegiatan seperti membatik ini. (KA)