pelatihan

Ratusan Guru ikuti Pelatihan Peningkatan Pembelajaran di Abad 21 bersama Tanoto Foundation

Ditulis oleh admin, dipublikasi pada 18 December 2019 dalam kategori Ruang Kegiatan

Jepara (16/12/2019), Ratusan guru Jepara ikuti kegiatan pelatihan peningkatan pembelelajaran adab 21 di SD Unggulan Bumi Kartini Jepara yang menghadirkan narasumber dari Tanoto Foundation. Tanoto Foundation merupakan organisasi independen yang didirikan Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto dalam bidang peningkatan pendidikan di Indonesia. Pelatihan diikuti oleh 114 guru yang terdiri dari beberapa sekolah dibawah naungan LP Ma’arif Jepara.

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari di tanggal 16, 17 desember 2019 dan 2 januari 2020. Pelatihan diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh perwakilan ketua YPBK, ketua LP Ma’arif Jepara dan kepala Disdikpora Jepara. Dalam sambutan ketua YPBK Nur Rohman menjelaskan, beliau mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia yang telah menyelenggarakan pelatihan guna meningkatkan pembelajaran di abad 21. Beliau menyinggung terkait penggalan pidato pak menteri yang begitu viral terkait fenomena kehidupan guru sehari-hari. Guru penggerak juga menjadi perhatian ketua YPBK bagaimana guru perlu mengutamakan siswa dan potensi siswa.

Banyaknya tugas administrasi guru, menjadikan perhatian guru terhadap perkembangan anak menjadi menurun sehingga Menteri Pendidikan membuat kebijakan mengatasi solusi tersebut. Hal tersebut disambut baik LP Ma’arif Jepara yang diwakilkan oleh pak samsul menjelaskan adanya kebijakan-kebijakan tersebut mampu menciptakan guru-guru unggul. Di abad 21 harus membentuk generasi siswa yang berakhlakul karimah yang didasari dari guru tersebut pesan dari PCNU melalui sambutanya.

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Tanoto Foundation ditujukan menyiapkan para guru di abad 21 agar mampu menyampaikan pembelajaran yang baik pada siswa dengan metode-metode yang telah diajarkan di dalam pelatihan. Kepala Disdikpora Jepara menyampaikan bahwa di abad 21 yang perlu diutamakan adalah SDM dengan memegang teguh pilar-pilar pendidikan sehingga menciptakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan mudah difahami siswa. Perkembangan teknologi juga akan semakin pesat terutama dibidang pedidikan. Harapanya dengan adanya kegiatan tersebut, dapat di laksanakan secara kontinu dan ada tindak lanjut terkait hasil pelatihan sehingga dapat dilakukan evaluasi dan perbaikan. Hasil pelatihan dapat di implementasikan pada siswa agar mampu menciptakan sistem pembalajaran yang sesuai dengan kebutuhan di era abad 21.






Ruang Kegiatan

Active Leraning
Kegiatan Active Learning bagi Guru Baru
Ditulis oleh Aufal Hadaya
16 April 2019
Selengkapnya

Ruang Informasi

Pengumuman Hasil Seleksi Guru Baru 2021
Ditulis oleh Aufal Hadaya
11 July 2021
Open Tender Perlengkapan Sekolah
Ditulis oleh Aufal Hadaya
18 February 2021
logo
Pengumuman Hasil Seleksi Guru dan Karyawan Final
Ditulis oleh Aufal Hadaya
21 April 2020
logo
Jadwal Real Teaching Sekolah Bumi Kartini Jepara
Ditulis oleh Aufal Hadaya
15 April 2020
Selengkapnya